Senin, 15 Juni 2015

Panen Raya Perdana BUAH NAGA di Kebun Percobaan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika

Buah naga merupakan tanaman tropika sejenis kaktus dari famili Cactaceae dengan subfamili Hylocereanea, tanaman ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara. Di daerah asalnya buah naga atau dragon fruit ini dinamai pitahaya atau pitayo roja. Walaupun buah naga berasal dari Amerika,  namun tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman dari Asia. Buah naga kaya nutrisi, selain kandungan vitamin C yang tinggi,zat nutrisi lain yang terkandung di dalam buah naga ialah serat, kalsium, zat besi dan fosfor. Kandungan nutrisi buah naga ini sangat bermanfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai penyeimbang kadar gula darah, menguatkan ginjal, menyehatkan lever, perawatan kecantikan, menguatkan daya kerja otak, menstabilkan tekanan darah, mengurangi kolesterol, mencegah kanker usus dan lain-lain.
Kondisi Kebun Buah Naga di KP Aripan
Buah naga pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1977. Tanaman ini kemudian ditanam dan dikembangkan secara komersial pada tahun 2000 di beberapa provinsi seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Kepri, DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur, Kalbar dan NTB. Dengan harga jual dan preferensi konsumen yang sangat tinggi menyebabkan buah ini berpeluang untuk dikembangkan sebagai komoditas penunjang agribisnis dan peningkatan devisa serta dapat bersaing dengan buah tropis lainnya.
Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika sebagai institusi yang mempunyai mandat melakukan penelitian terhadap tanaman buah tropika telah menanam tanaman buah naga sebagai tanaman koleksi di kebun percobaan (KP) Sumani dan Aripan sejak tahun 2011, sementara penelitian terhadap beberapa aspek (identifikasi dan pengendalian OPT utama serta percobaan pemupukan) dimulai pada tahun 2013. Jenis buah naga yang dikoleksi adalah buah naga kulit merah dandaging buah merah (Hylocereus polyrhizus) dan buah naga kulit merah dan daging buah putih (H. undatus) dan beberapa tanaman buah naga kulit merah dan daging buah super merah (H. costariensis). Padatanggal 4 Desember 2013 ini telah dilakukan panen raya perdana oleh kepala Balitbu Tropika Dr. Mizu Istianto didampingi oleh kepala KP Aripan, Kasi Jaslit, Ka. TU dan para peneliti. Dari 114 tiang tanaman dengan umur tanaman 15 bulan, dalam2 minggu ini telah dipanen buah sebanyak ± 180 kg,kualitasnya sangat baik dan >90% termasuk grade super (berat >500g/buah).
Panen raya perdana oleh kepala Balitbu Tropika Dr. Mizu Istianto (Kiri) didampingi oleh Arma kepala KP Aripan(kanan)

Power Nutrition Terbaik Untuk Tanaman Buah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar